Review Buku The Maze Runner


IDENTITAS BUKU
1. JUDUL : The Maze Runner
2. PENULIS : James Dashner
3. PENERBIT : Mizan Fantasi
4. TAHUN TERBIT  : 2014

SINOPSIS
  Thomas, seorang anak laki-laki yang dikirim ke dalam maze dalam kondisi hilang ingatan, tidak tahu mengapa dan bagaimana ia dapat berada di tempat ini. Sebuah tempat asing dengan penghuninya adalah anak laki-laki. Satu hal yang diketahuinya adalah namanya sendiri, Thomas.
     Tangan-tangan lain mengerubutinya, namun tidak menjawab pertanyaan yang ia ajukan mengenai eksistensinya dan tempat apa ini. Julukan kemudian melekat padanya yaitu adalah anak bawang. Lalu seseorang yang dianggap sebagai pemimpin tempat itu, Alby, menjelaskan kalau akan ada tur singkat keesokan hari untuknya. Ia pun bertemu dengan seorang anak kecil  bernama Chuck yang kemudian hari akan menjadi sosok anak yang dekat dengannya.
     Alby menghampiri dan mengajak Thomas untuk mengitari lokasi ini sebagai bagian dari tur singkat untuk penghuni baru mereka. Kemudian Thomas dijelaskan secara singkat mengenai tempat ini yang dinamakan dengan Glade. Seseorang setiap bulannya akan dikirim oleh para Creator untuk masuk ke dalam Glade melalui Kotak. Dari dalam Kotak tersebut pula, kebutuhan mereka dikirim meskipun tidak terlalu banyak. Oleh karena itu, selebihnya, mereka harus mengusahakan untuk penghidupan mereka sendiri.
     Selain itu, terdapat sebuah Maze yang berada di luar sana. Para Pelari pergi untuk menjelajah Maze setiap hari, berupaya untuk memecahkan kode untuk membuat mereka semua keluar dari tempat ini. Di dalam Maze terdapat Griever, serangga mesin yang siap untuk menyengat atau bahkan membunuh mereka yang masuk.
     Gally, salah seorang dari mereka, pernah tersengat oleh Griever. Setelahnya, dia mendapat ingatan-ingatan yang pernah dimilikinya dulu. Dan Gally meyakini bahwa dia pernah melihat Thomas sebelumnya, dan kemudian membencinya.
     Tiba-tiba saja keanehan terjadi di sana. Kotak itu kembali datang dengan membawa peserta baru, yang tidak pernah terjadi sebelumnya dalam sebulan mereka dikirimi lebih dari satu orang, dan anak itu adalah seorang perempuan. Beserta pesan yang tertulis: Dia yang terakhir. Untuk selamanya. Namanya Teresa. Dan parahnya, kehadiran Teresa yang cukup menggemparkan ini semakin membuat keadaan kacau, karena satu-satunya orang yang dikenali gadis ini adalah Thomas. Terlebih lagi, dengan pengakuan Gally, membuat Thomas diyakini sebagai orang yang berbahaya bagi mereka. Teresa mempunyai kemampuan yang mengejutkan, yakni bisa berkomunikasi secara telepati kepada Thomas.
     Minho, kepala pelari, suatu hari datang bersama Alby dari balik Maze dengan kondisi Alby yang terluka parah karena tersengat. Thomas datang membantunya, dengan mengingkari peraturan yang melarang siapapun selain pelari untuk masuk ke dalam Maze. Thomas berhasil membuktikan kemampuannya untuk bertahan semalam di dalam sana, serta upayanya mampu menyelamatkan Alby. Kehadiran Thomas juga mengubah segalanya, dia merasa memiliki gagasan untuk memecahkan kode yang ada pada Maze.
     Keadaan Glader tidak lagi sama. Membuat sebuah keputusan harus diputuskan, bahwa mereka semua harus masuk ke dalam Maze atau mereka semua akan mati. Mereka pula berusaha menyingkap siapa yang bertanggungjawab atas apa yang terjadi di tempat ini, dan untuk tujuan apa mereka semua dikumpulkan, diisolasi, dipenjara, di dalam Glade.

HAL YANG MENARIK
     Ceritanya seru, membutuhkan imajinasi yang kuat untuk membayangkan cerita tersebut, covernya menarik. Pesan moralnya adalah jangan pantang menyerah, selalu memberi tahu jika memiliki masalah, kerjasama yang baik dapat menghasilkan hasil yang baik pula.

KOMENTAR/KRITIK TERHADAP BUKU
     Tidak ada gambarnya, sulit menggambarkan bagaimana bentuk glade.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Negosiasi Pulang Terlambat

Review Buku Linamboan

Morfologi Tanaman Asoka