Hubungan antara Beriman Kepada Malaikat-Malaikat Allah swt. dengan Perilaku Teliti

     Iman kepada Malaikat Allah adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah swt. telah menciptakan Malaikat sebagai makhluk gaib yang telah diutus untuk melaksanakan segalah perintah-Nya. Manusia yang mengimaninya akan selalu berhati-hati dan menjaga dirinya dalam berkata-kata dan berbuat sesuatu dalam kehidupan sehari-hari.
     Kita sebagai orang beriman sudah sepatutnya percaya akan hal ini. Beriman kepada Malaikat juga mengajarkan kita tentang pentingnya perilaku teliti. Malaikat mencatat semua perilaku manusia yaitu amal baik maupun amal buruk yang telah diperbuat oleh manusia. Sebagaimana dalam QS.Al- Baqoroh ayat 285 yang artinya '' Rasul (Muhammad ) beriman kepada apa yang di turunkan kepada nya (Alquran ) dari Tuhan nya. Orang -orang yang beriman semua beriman kepada Allah swt, Malaikat-Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, dan Rasul-Rasul-Nya. Dan mereka Berkata 'kita tidak membeda-bedakan seorangpun dari Rasul nya ' dan mereka berkata ' kami dengar dan kami taat' ampunilah kami ya Tuhan, hanya kepada-Mu tempat kami kembali''
     Teliti berarti cermat dan saksama dalam menjalankan sesuatu. Orang yang teliti ditunjukkan dengan cermat, penuh minat, dan berhati-hati dalam menjalankan sesuatu agar tidak terjadi kesalahan. Lawan dari sifat teliti dan tekun adalah ceroboh atau teledor. Orang yang bersifat teliti selalu sabar dan tidak asal cepat dalam mengerjakan sesuatu. Termasuk dalam berbicara, kita tidak boleh ceroboh, tetapi harus cermat.
     Terdapat hubungan antara beriman kepada Malaikat dengan perilaku teliti. Kita sebagai manusia harus selalu teliti, seperti misalnya dalam melakukan sesuatu kita tidak boleh ceroboh, harus selalu berhati-hati, berfikir sebelum melakukan sesuatu karna untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Contohnya, Fulan sedang mengerjakan ulangan harian. Lalu, teman sebangkunya memberinya contekan. Fulan harus berfikir apakah itu hal yang benar untuk ia lakukan atau tidak. Karena Malaikat Raqib dan Atid akan mencatat amal perbuatan manusia baik yang baik maupun yang buruk. Perbuatan kita yang telah dicatat oleh Malaikat harus kita pertanggungjawabkan di akhirat kelak.

Comments

Popular posts from this blog

Contoh Teks Negosiasi Pulang Terlambat

Review Buku Linamboan

Morfologi Tanaman Asoka